Ciri Ciri Ahlusunnah Waljamaah yang Asli (sahih)

5/ 5 (99)
Ciri Ciri Ahlusunnah Waljamaah yang Asli (sahih)
1.lurus mengikuti al qur'an dan as sunnah.
* ".. Apa yang diberikan Rasul kepadamu, maka terimalah. Dan apa yang dilarangnya bagimu, maka tinggalkanlah. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah amat keras hukumannya" (QS. Al-Hasyr: 7).
* Dari Abu Hurairah, r.a. Nabi Muhammad sallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Aku tinggalkan dalam kalangan kamu dua perkara yang kamu tidak sekali-kali akan sesat selagi kamu berpegang teguh kepada keduanya, yaitu kitab Allah dan sunnah Rasulullah," (sallallahu alaihi wasallam).( hr Imam Malik).
2. mengikuti perbuatan salafus sholihin semisal mengikuti sunnah khulafaur rosyidin dan mengakui mengikuti ulama sebagai pewaris nabi yaitu menimba ilmu dan mempelajari kitab kitabnya semisal kitab kuning) mendengarkan fatwa dan kesepakatan para ulama semisal ijma' dan qiyas.
* "Wajib atas kalian berpegang tegus dengan ajaranku dan juga ajaran khulafaur rosyidin yang mendapatkan petunjuk. Gigitlah kuat-kuat ajaran tersebut dengan gigi geraham kalian " (HR.Tirmidzi no. 2676 dan Ibnu Majah no. 42. sahih)Nabi bersabda,
ciri ciri ahlusunnah waljamaah yang asli (dalil dalil sahih)1

Artinya :   
“Bahwasanya Bani Israil telah berfirqah-firqah sebanyak 72 millah (firqah) dan akan berfirqah umatku sebanyak 73 firqah, semuanya masuk neraka kecuali satu”.
Sahabat-sahabat yang mendengar ucapan ini bertanya, “Siapakah yang satu itu ya Rasulullah?” Nabi menjawab, “Yang satu itu ialah orang yang berpegang (beri i’tiqad) sebagai peganganku (i’tiqadku) dan pegangan sahabat-sahabatku”. (Hadits ini diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi, lihat Shahih Tirmidzi juz X) 
*
*"Sesungguhnya ulama adalah pewaris para nabi. Sungguh para nabi tidak mewariskan dinar dan dirham. Sungguh mereka hanya mewariskan ilmu maka barangsiapa mengambil warisan tersebut ia telah mengambil bagian yang banyak (Hadits ini diriwayatkan Al-Imam At-Tirmidzi di dalam Sunan beliau no. 2681, Ahmad di dalam Musnad-nya (5/169), Ad-Darimi di dalam Sunan-nya (1/98), Abu Dawud no. 3641)
3.merupakan golongan dengan jumlah yang paling besar dari 73 golongan( as-sawad al a'zham) . karena golongan firqoh baru sudah pasti minoritas bahkan baru lahir di era imperilisme barat untuk memecah belah dan menghancurkan islam dari dalam.
* Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda "
'Sesungguhnya umatku tidak akan bersepakat pada kesesatan. Oleh karena itu, apabila kalian melihat terjadi perselisihan maka ikutilah as-sawad al a'zham (mayoritas kaum muslim) "(HR.Ibnu Majah, Abdullah bin Hamid, at Tabrani, al Lalika'i, Abu Nu'aim. Menurut Al Hafidz As Suyuthi dalam Jamius Shoghir, ini adalah hadits Shohih)
* Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda:
"Sesungguhnya Allah tidak menghimpun ummatku diatas kesesatan. Dan tangan Allah bersama jama'ah(as sawad al a'zham). Barangsiapa yang menyelewengkan, maka ia menyeleweng ke neraka". (HR. Tirmidzi: 2168).
4.ciri ciri yang ke empat ajaran Rosulullah atau golongan ahlusunnah wal jama'ah sudah pasti Rohmatan lil alamin dan tidak mengajarkan terorisme dan kekejian lainnya. seperti tindakan yg dilakukan salafy palsu ISIS ,FITNAH LIL ALAMIN . penebar fitnah dan terorisme membuat buruk citra islam.

0 komentar